Mie Ayam
Mie Ayam

Resep Membuat Mie Untuk Mie Ayam

Posted on

MIE AYAM Siang hari gini enaknya makan Mie Ayam, bukan beli tapi bikin sendiri, dari mulai mie sampai ke baksonya. Maklum macam saya yang lidahnya jajanan Indonesia dan tinggal di negara orang lain dituntut harus bisa buat makanan ini itu sendiri.

Membuat mie untuk mie ayam sendiri itu bahannya sederhana aja, hanya diperlukan usaha lebih, karena membuatnya pakai pasta maker manual.

MIE AYAM 

By: Bayu Santoso

Bahan Mie Ayam

– Terigu protein tinggi 400 gram
– Air 160 ml
– Garam sedikit

Cara membuat :

– Campur terigu dan garam, lalu aduk rata. Setelah itu masukkan air sedikit demi sedikit sampai tercampur semua dengan terigu.

*adonan mie akan tampak tidak kalis dan masih kasar, memang seperti itu, nanti akan kita haluskan dengan pasta maker

– Bentuk adonan menjadi lonjong dan potong menjadi 4 bagian. Setelah itu potong lagi masing-masing bagian menjadi 2, total semua menjadi 8 bagian.

*pasta maker yang saya gunakan mempunyai ukuran gilingan 1 – 9

– Ambil satu adonan, pipihkan dan giling menggunakan pasta maker nomor 1, lipat hasil gilingan menjadi dua, lalu giling kembali, lakukan sampai adonan menjadi halus. Saya memprosesnya kurang lebih 5 – 7 kali.

*lakukan seperti itu untuk adonan lainnya

– Setelah selesai semuanya, saatnya mulai menipiskan adonan, ambil satu dan giling menggunakan nomor 2, 3, 4, 5, 6. Masing-masing satu kali saja, atau jika dirasa belum halus bisa diulang satu atau dua kali untuk penipisan nomor 2. Lakukan sampai semuanya menjadi tipis.

*adonan hanya saya tipiskan sampai nomor 6, tidak sampai nomor 7, 8, atau 9, dikarenakan pemotong mienya berukuran kecil, kalau ditipiskan di atas nomor 6 akan jadi tipis sekali mienya ketika nanti dipotong, sedangkan saya ingin mendapatkan potongan mie seperti yang dijual di abang-abang.

– Selesai penipisan, saatnya pemotongan mie. Ambil satu adonan lalu mulai masukkan ke pemotong mie, setelah itu ambil satu adonan lagi, masukkan ke pemotong mie.

– Selesai dua lembar proses pemotongan, taburkan tepung sagu / tapioka ke atas mie, lalu aduk sampai tepungnya merata ke seluruh mie. Ini dimaksudkan agar mie tidak saling menempel. Lakukan ke semua lembar adonan, jadi porsinya itu untuk satu mie adalah 2 lembar (kurang lebih 100 gram).

*jika mie ingin dibuat keriting, setelah ditabur tepung sagu, mie dibejek dengan tangan, lalu diurai, bejek lagi, urai lagi, lakukan sampai didapat tingkat keriting yang sesuai.

– Mie siap untuk dimasak. Jika ingin disimpan saya sarankan masuk ke kulkas bagian ‘Fresh room’ atau ‘Freezer’. Di dalam fresh room saya bisa menyimpan sampai 1 minggu, sedangkan di freezer bisa sampai berbulan-bulan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *