Rendang Daging
Rendang Daging

Resep Rendang Khas Padang Nikmat

Posted on
Rendang Padang
Rendang Padang

CARA MEMBUAT
—————————–
Untuk cara membuat di bawah ini saya menggunakan kompor gas biasa.

– Potong daging sesuai ukuran yang diinginkan, kalau saya biasanya agak besar potongannya, karena nantinya bakalan menyusut

– Lumuri daging dengan 1/2 dari bumbu halus, tujuannya agar meresap ke daging

– Campurkan 1/2 bumbu halus dengan santan, sereh, daun jeruk, daun kunyit, cengkeh, biji pala, garam. Aduk terus hingga mendidih dan jangan sampai santannya pecah, masak hingga mengeluarkan minyak dan mengental. Kalau saya disini masak santan dan bumbunya benar-benar sampai mengental, karena karakter daging di sini tidak sekeras di Indo, pakai bagian yang terkeras pun bakalan hancur kalau cara mengolahnya kurang benar. Pengalaman beberapa waktu lalu 5 kilo daging rendang malah jadi abon

– Kurang lebih 2 jam waktu yang dibutuhkan sampai kental, lalu masukkan daging yang telah dilumuri bumbu, aduk- aduk. Disini nanti bumbunya bakalan jadi agak encer lagi, karena air dari dalam daging akan keluar. Saya masak sampai kurang lebih satu jam, lalu jadi kalio seperti gambar yang saya sertakan.

– Setelah jadi kalio, api kompor saya kecilkan sampai sekecil-kecilnya, saya masak sampai jadi rendang yang kering dan bumbu menghitam, prosesnya kurang lebih 3 – 4 jam. Pada saat proses mengeringkan bumbu ini harus diperhatikan bagian bawahnya harus sering diaduk agar tidak hangus, karena kadar air sudah sedikit. Kalau hangus nanti tercampur dengan bumbu rasa rendangnya jadi kurang mantap. Tapi mengaduknya harus hati-hati jangan sampai hancur dagingnya, untuk itu perlu tau dulu karakter / bagian daging yang dipakai.

Kira-kira seperti itu resep dan cara buat rendang padang yang saya rangkum. Untuk cara pembuatan rendang sendiri ada yang namanya di’kacuik’, yaitu rendangnya diungkep lama (bisa semalaman) dengan bumbu, tujuannya juga menghilangkan kadar air yang ada di dalam daging. Setelah itu baru dimasukkan ke santan yang sudah dimasak hingga keluar minyaknya dan kadar air sedikit juga, lalu dimasak hingga kering.

Bermacam-macam cara memasaknya bisa disesuaikan dengan keadaan masing-masing, seperti cara saya masak di atas itu karena memang karakter daging disini yang lembut, tidak seperti daging di Indo yang agak berotot dan keras.

Untuk rendang sendiri ada yang suka dibuat masih agak basah sedikit, tapi semua tergantung selera masing-masing. Untuk rendang yang awet sampai berbulan-bulan harus dimasak sampai kering (kadar airnya di bawah 10%)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *